Jumat, 22 Juni 2012

Contoh tugas "Mengamati Alur Novel"


1.      Alur                             :
Maju. Karena novel yang berjudul “The Stars Girls” ini berisi pengenalan,muncul masalah,masalah mamuncak,masalah menurun dan penyelesaian secara urut.
2.      Bukti pengenalan        :
Sally mengibaskan rambutnya yang terurai sampai punggung. Wajahnya yang cantik seperti boneka barbie semakin terlihat jelas. Sally adalah gadis cantik berumur dua belas tahun. Ia adalah anak yang pandai,cerdas,cantik,baik serta bijak. Sally mempunyai nama lengkap Sally Febrianty. Sally sangat pandai dan menyikai hampir semua mata pelajaran kecuali sejarah. Ia bosan dengan suasana kelas sejarah yang tidak menyenangkan. Teman-temanya selalu ribut saat pelajaran tersebut. Sally juga sangat pandai memainkan piano atau keyboard.

3.      Bukti masalah mulai muncul   :
a.       Bukti masalah mulai muncul yaitu ketika Lita dan Intan berbeda pendapat saat diruang musik Mas Azzam. Lita dan Intan saling emosi dan ingin menang sendiri.
b.      Bukti masalah mulai muncul yaitu ketika empat sahabat yang bernama Marymo,Lita,Sisy dan Intan berpisah. Karena Marymo akan pulang ke jepang karena ayahnya sudah selesai tugas di Indonesia, Lita ikut orang tuanya menuntut ilmu di London.

4.      Bukti masalah menurun          :
a.       Bukti masalah menurun yaitu ketika Intan meminta maaf pada Lita.
b.      Bukti masalah menurun yaitu ketika Marymo dan Lita chattingan melalui Google Talk dan Yahoo messenger.

5.      Bukti penyelesaian                  :
a.       Bukti penyelesaian yaitu ketika Intan meminta maaf kepada Lita dan Lita sudah memberikan maaf kepada Intan sebelum Intan meminta maaf. Akhirnya mereka bersahabat kembali, dan tidak ada rasa marah di antara mereka.
b.      Bukti penyelesaian yaitu ketika mereka sudah dewasa. Sally mengajak Marymo,Lita dan intan untuk bertemu di Singapura. Mereka bertemu  di Hotel Asia Singapura,mereka saling berbagi cerita dan berlibur bersama setelah sekian tahun tak bertemu.

6.      Tokoh  :
a.       Sally          : Sally adalah seorang gadis cantik yang mempunyai empat sahabat yaitu Marymo,Lita,Sisy dan Intan. Sally adalah ketua “The Stars Girls”. Ia bertempat tinggal di perumahan elit. Sally sangat pandai matematika dan tidak senang dengan pelajaran sejarah. Sally sangat berperan dalam drama Cinderella saat acara pelepasan murid di sekolah dasar. Ia mengikuti lomba group band dan mendapatkan peringkat2,ia juga mengikuti lomba pelajaran dan mendapatkan peringkat1. Setelah lulus SD, Sally ditinggal oleh sahabatnya Lita dan Marymo. Lita ke london mengikuti ayahnya menuntut ilmu dam Marymo kembali ke jepang karena tugas ayahnya sudah selesai di Indonesia. Sally menggunakan Yahoo messenger dan Google Talk untuk berkomunikasi dengan sahabat yang jauh darinya. Beberapa tahun kemudian Sallykembali bertemu dengan ke empat sahabatnya di Singapura.
b.      Lita            : Lita adalah seorang gadis cantik yang mempunyai empat sahabat yaitu Marymo,Intan,Sisy dan Sally. Ia bertempat tinggal di perumahan elit. Lita adalah gadis yang centik,suka pilih-pilih teman namun sebenaranya id baik hati. Lita adalah pendiri “The Stars Girls”. Ia bertengkar dengan Intan karena masalah gitar di ruang musik Mas Azzam. Tapi Lita hanya marah sebentar, Lita sudah memaafkan Intan sebelum Intan meminta maaf. Ia mengikuti lomba group band dan mendapatkan peringkat2. Ia berpisah dengan ketiga sahabatnya karena ia harus ikut ayahnya menuntut ilmu di London. Lita menggunakan Yahoo messenger dan Google Talk untuk berkomunikasi dengan sahabat yang jauh darinya. Beberapa tahun kemudian Lita kembali bertemu dengan ke empat sahabatnya di Singapura.
c.       Marymo           : Marymo adalah gadis cantik asal jepang yang mempunyai empat sahabat di Indonesia yaitu Intan,Lita,Sisy dan Sally. Marymo adalah salah satu anggota “The Stars Girls”. Ia bertempat tinggal di perumahan elit. Marymo adalah anak gadis yang selalu rapi , bersih , manja dan cengeng. Ia membuat makanan bersama Sisy saat Intan,Sally dan Lita latihan musik. Marymo ikut mengantar Intan untuk meminta maaf kepada Lita. Setelah tugas ayahnya di Indonesia selesai,ia mengikuti ayahnya untuk kembali ke jepang dan meninggalkan keempat sahabatnya. Marymo menggunakan Yahoo messenger dan Google Talk untuk berkomunikasi dengan sahabat yang jauh darinya. Beberapa tahun kemudian Marymo kembali bertemu dengan ke empat sahabatnya di Singapura.
d.      Intan          : Intan adalah gadis cantik yang tinggal di perumahan elit. Intan mempuntai empat sahabat yakni Marymo,Sisy,Lita dan Sally. Intan bertengkar dengan Lita di ruang musik Mas Azzam karena Intan mengingatkan Lita, Litapun marah kepada Intan. Lita menceritakan kepada teman-temannya tentang kejadian itu dan Lita segera meminta maaf kepada Lita di rumahnya Lita. Intan mengikuti lomba band karena suaranya bagus ia menjadi vokalis. Band Intan juara dua dalam lomba itu. Setelah lulus SD, Intan ditinggal oleh sahabatnya Lita dan Marymo. Lita ke london mengikuti ayahnya menuntut ilmu dam Marymo kembali ke jepang karena tugas ayahnya sudah selesai di Indonesia. Intan menggunakan Yahoo messenger dan Google Talk untuk berkomunikasi dengan sahabat yang jauh darinya. Beberapa tahun kemudian Sisy kembali bertemu dengan ke empat sahabatnya di Singapura.
e.       Sisy           : Sisy adalah gadis cantik yang mempunyai empat sahabat yakni Marymo,Intan,Lita dan Sally. Sisy tinggal di perumahan elit. Ia membuat makanan bersama Marymo saat Intan,Sally dan Lita latihan musik.Sisy mengikuti lomba memasak,karena itu keahliannya. Setelah lulus SD, Sisy ditinggal oleh sahabatnya Lita dan Marymo. Lita ke london mengikuti ayahnya menuntut ilmu dam Marymo kembali ke jepang karena tugas ayahnya sudah selesai di Indonesia. Sisy menggunakan Yahoo messenger dan Google Talk untuk berkomunikasi dengan sahabat yang jauh darinya. Beberapa tahun kemudian Sisy kembali bertemu dengan ke empat sahabatnya di Singapura.
7.      Setting
A.    Latar tempat          :
a.       Indonesia
-          Di rumah Sally
-          Di ruang musik Mas Azzam
-          Di rumah Marymo
-          Di danau
-          Di rumah Lita
-          Interational Elementary School
-          Di Bandara
b.      Singapura
-          Hotel Asia Singapura
-          Di Sentosa Island
-          Di Merlion
-          Di Orchard Road.

B.     Latar waktu           : Cerita dimulai saat lima sahabat ini menduduki kelas enam SD, hingga mereka lulus SMA. Sehingga dapat dikatakan latar waktu Enam tahun.
C.     Latar suasana        : Berada dalam suasana yang menyenangkan, penuh dengan kasih sayang dan kebersamaan.
D.    Latar sosial            : Persahabatan yang erat dan berada dalam kehidupan yang mewah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar