Pengaruh
Pertemanan Terhadap Prestasi Belajar dikalangan Pelajar
Disusun
untuk Melengkapi Tugas Bahasa Indonesia Kelas IX
Disusun Oleh : Windi Mahendra Putri,dkk.
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 GODEAN
TAHUN
PELAJARAN 2012-2013
Kata
Pengantar
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya serta karunian-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Pengaruh Pertemanan terhadap Prestasi
Belajar dikalangan Pelajar” ini dengan sebaik-baiknya.
Karya ilmiah ini berisi pembahasan
dan solusi mengenai pengaruh pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan
pelajar.
Tak lupa kami
mengucapkan terima kasih kepada Ibu Puji Lestari selaku guru bahasa Indonesia
yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan karya ilmiah ini. Kami juga
mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah memberi kontribusi baik
langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah.
Kami berharap dengan pembuatan karya
ilmiah ini, dapat memperluas pengetahuan dan menambah pengalaman bagi penulis.
Selain itu, kami berharap karya ilmiah ini dapat memberi manfaat bagi para
pembaca pada khususnya serta dunia pengetahuan pada umumnya.
Kami selaku penulis menyadari bahwa
karya ilmiah kami belum sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan
saran yang membangun, sehingga dapat menjadikan laporan ini jauh lebih baik.
. Kami menyadari dalam membuat karya
ilmiah ini, tak lepas dari kesalahan. Maka dari itu kami mohon maaf yang
setulus-tulusnya.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Godean,
3 Januari 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
......................................................................................
i
KATA PENGANTAR ....................................................................................
ii
DAFTAR
ISI ..................................................................................................
iii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ......................................................................
1
B.
Identifikasi Masalah
............................................................................ 1
C.
Batasan Masalah
..................................................................................
2
D.
Rumusan Masalah
................................................................................
2
E.
Tujuan Penelitian
.................................................................................
2
F.
Manfaat ............................................................................................... 2
BAB
II KAJIAN TEORI
A. Pengertian
Pertemanan dan Prestasi .................................................... 3
B. Teori
dan Fungsi Pertemanan...............................................................
3
C.
Faktor Negatif Pertemanan yang berdampak pada Prestasi ................
D.
Faktor Positif Pertemanan yang berdampak pada Prestasi ..................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
.............................................................
B.
Subjek
Penelitian
.................................................................................
C. Objek Penelitian
..................................................................................
D. Teknik Pengumpulan Data
..................................................................
E.
Teknik
Analisis Data
...........................................................................
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
..........................................................................................
B. Saran.....................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
.....................................................................................
LAMPIRAN
.............................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Setiap orang tentunya membutuhkan orang lain untuk
saling berinteraksi, salah satunya adalah teman. Kehadiran teman sangat berharga untuk kehidupan setiap orang.
Seperti : membantu dalam menghadapi masalah, menemani melakukan aktivitas, dll.
Tak terkecuali bagi pelajar. Pelajar tentunya lebih membutuhkan teman dalam
berbagai hal, seperti dalam hal pendidikan, komunikasi, rekreasi, dll.
Dalam suatu hubungan pasti akan memberikan pengaruh
yang berbeda-beda, baik itu berdampak positif ataupun negatif, banyak hal yang
mempengaruhinya. Sama seperti hubungan pertemanan dikalangan pelajar, salah
satunya dalam hal prestasi belajar.
Pada makalah ini, penulis akan membahas mengenai
pengaruh pertemanan pada prestasi belajar dikalangan pelajar. Karena seperti
yang sudah disampaikan di atas. Banyak hal yang mempengaruhi dampak pertemanan
bagi prestasi belajar, ada yang mengarah ke positif ataupun negatif. Sehingga
diperlukan berbagai upaya untuk mengatasi dampak yang negatif.
Untuk itu, penulis ingin mengetahui apa saja
pengaruh pertemanan dalam prestasi belajar dan apa upaya yang harus dilakukan
untuk mengatasi dampak negatif pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan
pelajar.
B.
Identifikasi
Masalah
Dari latarbelakang di atas, penulis dapat
mengidentifikasikan beberapa masalah yang meliputi :
1. Ada
berbagai faktor yang mempengaruhi dampak pertemanan dikalangan pelajar.
2. Pengaruh
apa saja yang ditimbulkan dalam suatu pertemanan dikalangan pelajar.
3. Solusi
untuk mengatasi dampak negatif pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan
pelajar.
C.
Batasan Masalah
Dari identifikasi masalah tersebut, penulis hanya
akan membahas pengaruh pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar
dan solusi untuk mengatasi dampak negatif pertemanan terhadap prestasi belajar
dikalangan pelajar.
D. Rumusan
Masalah
1.
Apa saja pengaruh pertemanan terhadap
prestasi belajar dikalangan pelajar?
2.
Bagaimana solusi untuk mengatasi dampak
negatif pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar?
E.
Tujuan
Penelitian
Untuk mengetahui apa saja pengaruh pertemanan
terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar dan solusi untuk mengatasi dampak
negatif pertemanan terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar .
F.
Manfaat
Agar pelajar dapat mengetahui berbagai pengaruh
pertemanan dikalangan pelajar dan upaya untuk mengatasi pertemanan yang
berdampak negatif terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar.
BAB
II
KAJIAN
TEORI
A. Pengertian Pertemanan dan Prestasi
Menurut Rubin (2004:236-256)
persahabatan adalah multidimensi dalam sifat dan melayani manusia dalam
berbagai cara ( seperti kesenangan , harapan, ketakutan, menyediakan afeksi,
dukungan ,dan keamanan emosi ).
Definisi lain mengenai persahabatan
dikemukakan oleh Argyle dan Henderson dalam Kartono ( 1996 : 56 ) menurut
mereka persahabatan meliputi orang-orang yang saling menyukai , menyenangi
kehadiran satu sama lain, memiliki kesamaan minat dan kegiatan saling membantu
dan memahami, saling mempercayai , menimbulkan rasa nyaman dan saling
menyediakan dukungan emosional.
Menurut Sardiman A.M (2001:46) “Prestasi adalah kemampuan nyata yang
merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi baik dari
dalam maupun dari luar individu dalam belajar”. Sedangkan pengertian prestasi menurut
A. Tabrani (1991:22) “Prestasi adalah kemampuan nyata (actual ability) yang
dicapai individu dari satu kegiatan atau usaha”.
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (1996:186) “Prestasi adalah hasil yang
telah dicapai (dilakukan, dikerjakan dan sebagainya)”. Sedangkan menurut W.S Winkel
(1996:165) “Prestasi adalah bukti usaha yang telah dicapai.
B. Teori dan Fungsi Pertemanan
1. Teori
Pertemanan
Teori pertemanan menurut Hartup
dalam Hertherington dan parke (1999:64) adalah saling timbal balik dan komitmen
antara orang-orang yang memiliki kedudukan yang kurang lebih setara. Berk
(2000:54) menyatakan persahabatan sebagai hunungan timbal balik yang meliputi pertemanan. Argyle dan
Henderson dalam Kartono (1996:54) menurut mereka persahabatan meliputi
orang-orang yang saling menyukai , menyayangi kehadirannya satu sama lain,
memiliki kesamaan, saling membantu ,saling memahami dan saling percaya, serta
menimbulkan rasa nyaman dan saling menyediakan dukungan emosional. Menurut
Rubin (2004:326-356) persahabatan
Santrock (1998)
menyebutkan enam fungsi penting persahabatan, yaitu:
1. Sebagai
kawan (companionship)
2. Sebagai
pendorong (stimulation)
3. Sebagai
dukungan fisik (physical support)
4. Sebagai
dukungan ego (ego support)
5. Sebagai
perbandingan sosial (social
comparison)
6. Sebagai
memberi keakraban dan perhatian (intimacy/affection)
C.
- saling membantu dalam kesusahan dalam pelajaran
maupun umum
- dapat memacu keinginan persaingan prestasi secara
sehat.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Tempat
dan Waktu Penelitian
1. Tempat penelitian
Setting
penelitian di masyarakat
2. Waktu penelitian
NO
|
Kegiatan
|
|
|
Minggu
|
|
|
|
|
Minggu 1
|
Minggu II
|
Minggu III
|
Minggu IV
|
Bulan
|
1
|
Penentuan judul dan rumusan masalah
|
|
|
|
|
|
2
|
Pencarian referensi
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyusun proposal
|
|
|
|
|
|
4
|
Melakukan penelitian
|
|
|
|
|
|
B. Subjek
Penelitian
Subjek penelitian ini adalah
pelajar dikalangan masyarakat.
C. Objek
Penelitian
Objek penelitian ini adalah
pengaruh pertemanan dalam prestasi belajar dikalangan pelajar
D. Teknik
Pengumpulan Data
Dari beberapa teknik pengumpulan data,
kami menggunakan teknik wawancara.
E. Teknik
Analisis Data
Analisis data yang kami lakukan
menggunakan deskripsi kualitatif.
BAB IV
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah
kami melakukan wawancara dari beberapa narasumber yang berprofesi sebagai
pelajar SD, SMP, dan SMA dibeberapa wilayah mengenai pengaruh pertemanan
terhadap prestasi belajar dikalangan pelajar dapat menimbulkan pengaruh positif
dan pengaruh negatif. Pengaruh positif dan pengaruh negatif dapat terjadi kapan
dan dimana saja, tergantung diri sendiri yang dapat menyeleksi pengaruh positif
dan pengaruh negatif.
B. Saran
Pertemanan adalah hubungan manusia
yang bersifat timbal balik, saling membantu, saling menyayangi, saling
mempercayai, dan saling melengkapi sehingga menimbulkan rasa nyaman. Pertemanan
terjadi karena adanya sifat manusia yang tidak bisa hidup sendiri dan adanya
toleransi antar sesama.
Pertemanan adalah sesuatu yang
bernilai positif, tetapi ada juga pertemanan yang menyimpang dari yang
seharusnya, sehingga menimbulkan nilai negatif. Maka dari itu penulis
memberikan saran bahwa sebaiknya pertemanan dijadikan sebagai suatu hal yang
positif, misalnya dengan adanya pertemanan bisa menjadikan orang yang satu
dengan yang lain lebih mengenal sehingga akan terjadi kerja sama yang bernilai
positif ( membahas materi pelajaran yang sulit dan mengerjakan tugas bersama )
dan bukan dijadikan sebagai suatu hal yang negatif, misalnya pertemanan
menyebabkan orang yang satu dengan yang lain saling mengenal, tetapi pertemanan
itu disalahgunakan menjadi perselisihan, tawuran, dan persaingan yang
mengandung nilai negatif .
DAFTAR PUSTAKA
http://tentangkomputerkita.blogspot.com.11:50.Sabtu,5 Januari 2013.
http://www.mungkinblog.com.11:56.Sabtu,5 Januari 2013.
LAMPIRAN
1. Faktor pertemanan apa saja yang
menyebabkan prestasi belajar dikalangan pelajar menurun?
2. Apa saja faktor negatif dari
pertemanan yang berdampak pada prestasi belajar dikalangan pelajar?
3. Apakah masalah negatif pertemanan
berdampak di lingkungan anda?
4. Apa definisi pertemnan dan
prestasi?
5. Bagaimana kaitannya pertemanan dengan prestasi
belajar dikalangan pelajar?
wah ini krya tulis yang bagus
BalasHapusKAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
Hapusdan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
beri 4 angka [9795] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 750 JUTA , wassalam.
wah ini krya tulis yang bagus
BalasHapusWah iya bagus sekali sampai aku suka😘😘
Hapuswah ini krya tulis yang bagus
BalasHapusAlat nya apa yaaa??? Trs perlakuannya apa
BalasHapusMantap
BalasHapus😀💩
BalasHapusMantap
BalasHapusGood sekali kak karya ilmiahnya
BalasHapusbagus
BalasHapusKajian pustaka nya yg mana ya?
BalasHapusBagusss bangeet kak
BalasHapus