Selasa, 29 Januari 2013

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Lengkap dan Menarik


Pidato Pengaruh Pertemanan Terhadap Prestasi Belajar di Kalangan Pelajar
Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulilah hirabil alamin wasalatu wasalamu alla asrafil anbiya iwal mursalin waala alii wasahbihi azmain ama badu
Yang terhormat Ibu Puji Lestari selaku guru bahasa Indonesia serta teman-teman yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul pada pelajaran bahasa Indonesia tanpa kurang suatu apapun.
Shalawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Allah Muhammad SAW, yang telah menyelamatkan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman zakariyah.


Hadirin yang berbahagia,
Dalam kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan pengaruh pertemanan terhadap prestasi di kalangan pelajar.
Setiap orang tentunya membutuhkan orang lain untuk saling berinteraksi, salah satunya adalah teman. Kehadiran teman  sangat berharga untuk kehidupan setiap orang. Seperti : membantu dalam menghadapi masalah, menemani melakukan aktivitas, dll. Tak terkecuali bagi pelajar. Pelajar tentunya lebih membutuhkan teman dalam berbagai hal, seperti dalam hal pendidikan, komunikasi, rekreasi, dll.
Namun sebelumnya apa sih definisi dari pertemanan itu?
Teman adalah seseorang yang datang dan berkumpul bersama karena adanya kesenangan, rasa akan kebersamaan,  dan dukungan  emosional.
Sedangkan Pertemanan adalah hubungan manusia yang bersifat timbal balik, saling membantu, saling menyayangi, saling mempercayai, dan saling melengkapi sehingga menimbulkan rasa nyaman. Pertemanan terjadi karena adanya sifat manusia yang tidak bisa hidup sendiri dan adanya toleransi antar sesama manusia.
Hubungan pertemanan akan berkembang dengan maksimal apabila masing-masing pihak saling terbuka dalam menyampaikan komunikasi antar satu dengan yang lainnya. Untuk mengembangkan hubungan persahabatan maka individu-individu dapat melakukan proses keterbukaan atau intimasi dalam sebuah hubungan (social penetration). Dalam hubungan social penetration, komunikasi bergerak dari hubungan yang tidak intim, tidak dekat menjadi intim dekat dan lebih mengenal satu dengan yang lainnya. Semakin terbuka komunikasi yang terjalin maka semakin erat pula hubungan yang terbentuk dalam pertemanan.
Pertemanan memiliki fungsi  tersendiri, masing-masing fungsi memiliki peran penting dalam suatu pertemanan . Santrok (1998) menyebutkan enam fungsi penting dalam pertemanan, yaitu :                                                                                                                                                          
1.    Sebagai kawan (companionship)
2.    Sebagai pendorong (stimulation)
3.    Sebagai dukungan fisik (physical support)
4.    Sebagai dukungan ego (ego support)
5.    Sebagai perbandingan sosial (social comparison)
6.    Sebagai memberi keakraban dan perhatian (intimacy/affection)

Dalam suatu hubungan, pasti akan memberikan pengaruh yang berbeda-beda, baik itu pengaruh yang berdampak positif ataupun berdampak  negatif, banyak hal yang mempengaruhi hal tersebut. Sama seperti hubungan pertemanan di kalangan pelajar, salah satunya dalam hal prestasi belajar.

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan dan sebagainya), prestasi dapat muncul di mana saja, seperti : sekolah, rumah dll. Prestasi juga dapat menurun maupun meningkat dan juga dapat memberi pengaruh maunpun di pengaruhi. Prestasijuga didefinisikan sebagai sesuatu yang telah di capai, tentunya sesuatu tersebut berbilai positif.

Mempertahankan prestasi yang sudah dicapai itu tidak mudah, bahkan menurunnya bisa dngan sangat mudah, nah maka dari itu perlu diketahui cara-cara agar prestasi tidak terganggu, terutamana dengan pengaruh pertemanan negarif yang berdampak mengatif dan merugikan  khususnya pelajar . pertemanan yang berdampak negatif paada pertemanan sangat cepat berembangnya dan sangat cepat merasuki jiwa-jiwa pelajar serta tidak mengenal ruang dan waktu, dimanapun dan kapanpun pengaruh negatif dapat berkembang dengan pesat . seingga dibutukan jiwa-jiwa sekuat baja untuk menanggapinya.
Berikut ini adalah conot dampak negatif dan dampak positif pertemanan terhadap prestasi belajar di kalangan pelajar, dan yang sering di alami pelajar.
Dampak positif pertemanan terhadap prestasi belajar antara lain:
1.      Dapat menjadikan pelajar lebih rajin.
2.      Lebih semangat dalam belajar.
3.      Meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik.
4.      Meningkatkan kedisiplinan.
5.      Meningkatkan sensitifitas terhadap pelajaran di sekolah maupun di luar sekolah.
6.      Meningkatkan keinginan daya saing dalam prestasi.
Sedangkan dampak negatif pertemenan terhadap prestasi belajar antara lain:
1.      Menjadikan pelajar malas belajar.
2.      Menurunkan semangat belajar.
3.      Menurunkan prestasi akademik dan non akademik.
4.      Kurang dapat membagi waktu dengan baik.
5.      Menurunkan kedisiplinan.
6.      Menurunkan sensitifitas terhadap pelajaran di sekolah maupun di luar sekolah.
7.      Menurunkan keinginan daya saing dalam prestasi.
Dengan adanya pengaruh pertemanan yang negatif maka akan berdampak negatif pula, oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi hal tersebut agar pengaruh negatif tidak mudah mempengaruhi dan tersebar dalam suatu pertemanan sehingga dampak negatif dari pengaruh tersebut berkurang berikut ini cara-cara untuk mengatasi dampak dari pengaruh negatf pertemanan ,antara lain :
a.         Selektif dalam memilih teman
            Selektif dalam memilih teman dengan cara menyeleksi teman dalam pertemanan sehari-hari di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah atau dimanapun , agar tidak terpengaruh hal-hal tidak baik ataupun ajakan-ajakan yang menyimpang dan merugikan bagi diri sendiri
.
b.         Menyeleksi antara hal yang baik dan yang tidak baik
            Menyeleksi antara hal yang baik dan yang tidak baik sangat dibutuhkan dalam proses pertemanan. Dengan cara mengambil hal yang baik agar bisa diteladani sedangkan hal yang tidak baik dapat sebagai pacuan agar tidak berbuat hal yang tidak baik.

c.          Memotivasi diri sendiri untuk tidak melakukan hal yang    tidak baik
            Memotivasi diri sendiri untuk tidak melakukan hal yang tidak baik supaya terhindar dari ajakan maupun pengaruh pertemanan yang tidak sesuai dan agar dapat mencegah diri sendiri untuk melakukan hal yang tidak baik.

d.        Saling mengingatkan apabila ada teman yang menyimpang.
            Apabila ada teman yang menyimpang sebagai teman kita harus saling mengingatkan agar pertemanan terjalin dengan baik dan agar teman tersebut tidak tersesat di jalan yang tidak baik yang bisa saja merugikan teman tersebut, agar pertemanan berjalan dengan baik sebaiknya mengingatkan teman dengan cara berhati-hati supaya tidak menyinggung perasaan teman.

e.         Saling membantu dalam pembelajaran
            Saling membantu dalam pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah sangat dibutuhkan agar pelajar tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran, dapat memahami pelajaran yang baginya terasa sulit , dapat memperthankan prestasi , dapat mengurangi tekanan yang diraakan pelajar dengan adanya seorang teman yang membantu dalam proses belajar yang dianggapnya sulit dan dengan bantuan seorang teman sehingga tidak merasa terbebani oleh pelajaran.

f.          Membagi waktu dengan baik.
Membagi waktu dengan baik dengan cara menyeimbangkan waktu bermain refresing dan belajar ,agar tidak mengganggu waktu belajar dan tidak menyebabkan pelajar merasa sibuk, merasa bosan , merasa lelah, merasa memiliki jadwal yang mengganggu aktifitas lain, dan tentunya merasa terbebani dan lelah sehingga prestasipun tidak terganggu ataupun menurun dengn membagi waktu dengan baik dan menjalaninya dengan disiplin.

Dari uraian tadi dapat disimpulkan bahwa pertemanan dapat menimbulkan pengaruh positif dan pengaruh negatif , dapat muncul sewaktu-waktu dan dapat dengan cepat menyebar dalam suatu pertemanan.
Terutama pengaruh negatifdalam lingkup pelajar, yang dengan sangat mudah mempengaruhi para pelajar tanpa batasan ruang dan waktu , dapat enurunkan prestasi belajar pelajar.
Oleh karena itu, hadirin yang saya hormati, kita harus pandai-pandai dalam menjalin suatu pertemanan baik disoklah di rumah , dimanapun kita berada dan kapanpun ,supaya tidak terpengaruh pengaruh negatif dan hal-hal negatf lainnya yang berdampak negatif dan merugikan diri sendiri maupun orang lain atau kelompok, terutama untuk para pelajar agar prestasi tidak menurun dan dapat menjadi pelajar yang baik dan sesuai.
 Sebaiknya pertemanan dijadikan sebagai suatu hal yang positif, misalnya dengan adanya pertemanan bisa menjadikan orang yang satu dengan yang lain lebih mengenal sehingga akan terjadi kerja sama yang bernilai positif (membahas materi pelajaran yang sulit dan mengerjakan tugas bersama) dan bukan dijadikan sebagai suatu hal yang negatif, misalnya pertemanan menyebabkan orang yang satu dengan yang lain saling mengenal, tetapi pertemanan itu disalahgunakan menjadi perselisihan, tawuran, dan persaingan yang mengandung nilai negatif
 Semoga dengan kita bisa selektif dalam berteman dan berhati-hati dalam berteman, pertemanan pun bisa terjalin dengan indah dan bisa berdampak baik bagi kita, orang lain dan semua terutama dalam hal prestasi belajar seorang pe;ajar.
Demikian pidato yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini , semoga bermanfaat bagi kita semua dan kususnya bagi pelajar ,banyak salah kata mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Wal hitaufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh

Nama   : -Riska Septiandari                 (24)
              -Vina Zahida                         (29)
              -Windi Mahendra Putri         (31)
Kelas   : IX C


3 komentar:

  1. thanks ya :) atas contoh pidatonya bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
      beri 4 angka [9795] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 750 JUTA , wassalam.





      Hapus